Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian praktis
yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini
merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan
yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.
Menurut Kemmis dan MC. Taggart yaitu : “PTK
adalah studi yang dilakukan untuk memperbaiki diri sendiri, pengalaman kerja
sendiri, yang dilaksanakan secara sistematis, terencana, dan dengan sikap mawas
diri.
PENGERTIAN Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
berkembang dari istilah penelitian tindakan (action research) (Sanjaya, hal.
24). Oleh karena itu, untuk memahami pengertian PTK perlu ditelusuri pengertian
penelitian tindakan terlebih dahulu. Penelitian tindakan mulai berkembang di
Amerika dan berbagai negara di Eropa, khususnya dikembangkan oleh mereka yang
bergerak di bidang ilmu sosial dan humaniora (Basrowi & Suwandi, hal.
24-25). Orang-orang yang bergerak di bidang itu dituntut untuk terjun
mempraktikkan suatu tindakan atau perlakuan di lapangan. Mereka berarti
langsung mempraktikkan tindakan yang telah direncanakan dan mengukur kelayakan
tindakan yang diberikan tersebut. Menurut Kemmis (1988), penelitian tindakan
adalah suatu bentuk penelitian reflektif dan kolektif yang dilakukan peneliti dalam
situasi sosial untuk meningkatkan penalaran praktik sosial mereka (Sanjaya,
hal. 24). Dalam hal ini, penelitian tindakan memiliki kawasan yang lebih luas
daripada PTK. Penelitian tindakan diterapkan di berbagai bidang ilmu di luar
pendidikan, misalnya dalam kegiatan praktik bidang kedokteran, manajemen, dan
industri (Basrowi & Suwandi, hal. 25). Bila penelitian tindakan yang
berkaitan pada bidang pendidikan dilaksanakan dalam kawasan sebuah kelas, maka
penelitian tindakan tindakan ini disebut PTK.
TUJUAN PTK Tujuan PTK adalah memperbaiki dan meningkatkan
kualitas pembelajaran serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan
masalah pembelajaran di sekolah (Muslich, hal. 10). Menurut Suyanto (1997),
tujuan PTK adalah meningkatkan dan/atau memperbaiki praktik pembelajaran di
sekolah, meningkatkan relevansi pendidikan, meningkatkan mutu pendidikan, dan
efisiensi pengelolaan pendidikan (Basrowi & Suwandi, hal. 54).
Langkah-Langkah PTK
Melaksanakan PTK, memerlukan perencanaan dan persiapan
yang matang, agar hasil yang diperoleh dari PTK yang dilaksanakan mencapai
hasil yang optimal. Menurut Zainal Aqib dkk, merumuskan langkah – langkah PTK
sebagai berikut :
1. Tahap 1 : Tahap
Perencanaan
Dalam perencanaan PTK, terdapat tiga dasar, yakni :
- Identifikasi
masalah
- Merumuskan
masalah
- Pemecahan
masalah
2. Tahap 2 : Acting
(pelaksanaan)
3. Tahap 3 :
Observation (pengamatan)
4. Tahap 4 : Refleksi
5. Tambahan : Siklus –
siklus dalam PTK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar