Menu

Jumat, 05 Oktober 2018

PENERAPAN STRATEGI POSTER COMMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELAS VII SMP NEGERI TAHUN AJARAN 2015/2016


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Dalam rangka mewujudkan manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur dan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup sebagaimana yang dikehendaki oleh tujuan Pendidikan Nasional, maka hendaknya pendidikan tidak hanya sebuah transfer of knowledge tetapi juga transfer of value. Pendidikan harus mampu mengantarkan manusia mencapai kompetensi intelektualitasnya sekaligus mengemban spiritualitas sebagai potensi kemanusiaannya. Diri manusia adalah entitas yang kompleks dengan potensi akal dan rasa yang harus dikembangkan secara berimbang. Pendidikan yang hanya menekankan pada pentingnya akal dan hanya dilakukan sebagai transfer pengetahuan dan teknologi saja, hanya akan mencetak manusia dengan mental robot. Untuk itu, pendidikan pun harus juga memberi kesadaran akan nilai-nilai dalam kehidupan manusia, sehingga perilaku dan sikap hidup manusia tidak hanya didasari pertimbangan rasio: benar salah, untung rugi, tetapi juga pertimbangan etis: baik buruk yang mencerminkan kualitas kemanusiaan.
Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan mutu Pendidikan Nasional, khususnya pendidikan dasar dan menengah pada setiap jenjang dan satuan pendidikan. Beberapa upaya tersebut antara lain melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kompetensi guru, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan dan peningkatan mutu manajemen sekolah.
Dalam lingkup kelas maka guru mempunyai peran yang strategis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Guru merupakan personil sekolah yang memiliki kesempatan bertatap muka lebih banyak dengan siswanya. Dengan demikian peran dan tanggung jawab guru adalah menguasai dan mengembangkan materi pelajaran, merencanakan, mempersiapkan pelajaran, mengontrol dan mengevaluasi kegiatan siswa.
Kenyataan di lapangan banyak guru yang memberi pelajaran untuk keperluan ujian yang segera akan dilupakan oleh anak-anak. Akan tetapi bukan itu hasil belajar yang diinginkan. Yang diharapkan ialah agar anak-anak memahami pelajaran secara mendalam sehingga ia lama mengingatnya serta dapat menggunakannya dalam hidupnya.
Seorang guru bukan hanya sekedar pemberi ilmu pengetahuan kepada murid-muridnya. Akan tetapi, dia seorang tenaga profesional yang dapat menjadikan murid-muridnya mampu merencanakan, menganalisis dan menyimpulkan masalah yang dihadapi. Permasalahan yang sering muncul dalam pembelajaran pendidikan agama Kristen adalah masih rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep pendidikan agama Kristen yang diajarkan guru. Bukti-bukti penilaian ulangan harian dan ulangan umum menunjukkan bahwa prestasi belajar pendidikan agama Kristen belum sesuai dengan standar ketuntasan minimal.
Oleh karena itu, untuk meningkatkan mutu pendidikan diperlukan perubahan pola pikir yang digunakan sebagai landasan pelaksanaan kurikulum masa lalu, proses belajar mengajar terfokus pada siswa, akibatnya KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) lebih menekankan pada pengajaran dari pada pembelajaran. Untuk itu penerapan berbagai macam metode dan strategi dalam pembelajaran penting dilakukan, termasuk pengajaran dengan gambar. Dalam penelitian ini, peneliti akan menerapkan strategi poster comment yang merupakan salah satu dari berbagai jenis metode-metode yang ada dalam pembelajaran. Metode ini bisa diterapkan untuk pembelajaran pendidikan agama Kristen  Metode ini dipilih karena bisa memunculkan ide apa yang terkandung dalam suatu gambar. Gambar tersebut tentunya sesuai dengan materi. Apabila ingatan dan pemahaman siswa tentang sebuah materi telah meningkat dan siswa bisa menguasai materi, maka target dan tujuan pembelajarn akan semakin mudah untuk dicapai. Selanjutnya, peran guru tentu sangat penting dalam pendidikan termasuk didalamnya ada proses belajar dan mengajar.
Guru yang profesional adalah guru yang ahli dalam bidang keguruannya. Seorang guru yang profesional dituntut untuk memiliki berbagai  kompetensi, seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, bahwa guru sebagai penggagas perubahan di tengah masyarakat, dituntut untuk menguasai kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. 
Berdasarkan itu semua guru, di dalam penguasaannya dalam pedagogik yang berkaitan dengan kemamupan belajar dan mengajar di kelas, guru harus mempunyai strategi atau cara pembelajaran yang baik  dan efesien. Semua orang tahu bahwa dalam semua ikhtisar pendidikan guru mempunyai peranan kunci, disamping faktor-faktor lain seperti sarana prasarana, biaya, kurikulum, sistem pengelolaan, dan peserta didik sendiri.
Intinya  guru adalah pemimpin di dalam kegiatan belajar dan mengajar di kelas. Berhasil dan tidaknya kegiatan pembelajaran adalah ditentukan oleh seorang guru.  Guru Sebagai pemimpin pembelajaran di kelas guru dituntut untuk menjadikan suasana pembelajaran di kelas menjadi terarah dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. 
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penerapan strategi yang bervariasi perlu dilaksanakan. Maka dengan ini Guru tertarik untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang berjudul: Penerapan Strategi Poster comment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam  Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VII SMP Negeri Tahun Ajaran 2015/2016.
B.  Batasan Masalah
Dari latar belakang diatas, maka dapat ditarik batasan masalah yang dibahas sebagai berikut:
1.  Bagaimana perencanaan penerapan strategi poster comment untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Doloksanggul pada mata pelajaran pendidikan agama Kristen?
2.  Bagaimana penerapan strategi poster comment untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas kelas VII SMP Negeri  pada mata pelajaran pendidikan agama Kristen?
3.  Bagaimana hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri setelah diterapkannya strategi  poster comment?
C.   Tujuan Penelitian
Sesuai masalah yang akan dikaji, maka penelitian ini bertujuan untuk:
1.    Mengetahui perencanaan penerapan strategi poster comment untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri  pada mata pelajaran pendidikan agama Kristen.
2.    Mengetahui penerapan strategi poster comment untuk meningkatkan hasil belajar siswa VII SMP Negeri  pada mata pelajaran pendidikan agama Kristen.
3.    Mengetahui hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri pada mata pelajaran pendidikan agama Kristen setelah diterapkannya strategi  poster comment.
 D.  Manfaat Penelitian 
a. Secara Teoritis
Hasil penelitian atau temuannya tentang strategi  poster comment ini dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pendidikan pada umumnya dan bidang pembelajaran agama Kristen khususnya.
b. Secara Praktis
Hasil penelitian ini dapat diaplikasikan atau diterapkan oleh tenaga pendidik dalam melaksanakan tugas sehari-harinya baik sebagai pengelola sekolah, guru dan siswa sendiri.
1. Bagi Guru dapat memberikan masukkan tentang strategi  poster comment dengan menyenangkan.
2. Bagi Kepala Sekolah dengan adanya hasil temuan penelitian ini Kepala Sekolah dapat menindaklanjuti tentang hasil temuan ini untuk menentukan kebijakan selanjutnya.
  
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A. Landasan Teori
1. Strategi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar