Menu

Senin, 29 Oktober 2018

PENGGUNAAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGUASAI KOMPETENSI DASAR MUSA DIUTUS TUHAN MATA PELAJARAN AGAMA KRISTEN SISWA KELAS IV SD NEGERI T.A 2014/2015


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang
Pendidikan merupakan salah satu usaha yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa, dan sebagai kunci pokok untuk mencapai cita-cita suatu bangsa. Yang mana untuk mewujudkan cita-cita tersebut perlu dilakukan usaha yang semaksimal mungkin dari guru, guru harus mampu dalam mengelola komponen pembelajaran dan kreatif dalam mengembangkan materi pelajaran sehingga materi pelajaran tersebut dapat diserap oleh peserta didik sehingga tujuan pengajaran dapat tercapai.
Di dalam peningkatan mutu pendidikan pada masa sekarang ini, perlu diiringi proses belajar mengajar. Di dalam proses belajar mengajar harus memiliki metode agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien serta mengenai tujuan yang diharapkan.
Salah satu langkah untuk strategi itu ialah harus menguasai tehnik-tehnik pengajaran atau biasanya disebut metode pengajaran. Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi ataupun untuk menjawab suatu pertanyaan. Jadi metode pembelajaran merupakan cara-cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal.

Menurut  Suprayektif (2003: 10) menyatakan bahwa:
Hasil belajar merupakan faktor yang penting dalam pelaksanaan pendidikan, karena hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan pendidikan. Hasil belajar yang baik tergantung pada pelaksanaan interaksi belajar mengajar yang sesuai dengan perencanaan pembelajaran. Pelaksanaan interaksi belajar mengajar dipengaruhi oleh empat faktor. Keempat factor tersebut adalah guru, siswa, kurikulum, dan faktor lingkungan.

Pada saat belajar kooperatif, siswa dibentuk dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari 4 atau 5 orang untuk bekerja sama dalam menguasai materi yang diberikan guru (Slavin, 1995; Eggen & Kauchak). Artzt & Newman (1990: 448) menyatakan bahwa dalam belajar kooperatif siswa belajar bersama sebagai suatu tim dalam menyelesaikan tugas-tugas kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Salah satu tipe pembelajaran kooperatif adalah Team Games Tournament (TGT). Pembelajaran kooperatf tipe TGT adalah satu model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan dan reinforcemen.
Berdasarkan uraian di atas guru Mapel untuk membahas masalah dengan judul penelitian ”Penggunaan Metode Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menguasai Kompetensi Dasar Musa diutus Tuhan Mata Pelajaran Agama Kristen Siswa Kelas IV B SD Negeri  T.A 2014/2015.”

1.2.  Identifikasi Masalah
Sebagaimana yang telah diuraikan dalam latar belakang masalah di atas, maka dapat diidentifikasi masalah dalam penelitian yaitu:
1.         Siswa masih pasif dalam mengikuti pembelajaran.
2.         Metode pembelajaran yang digunakan guru kurang sesuai dengan KD.
3.         Kemauan belajar siswa terhadap mata Pelajaran Agama Kristen masih rendah.
4.         Guru kurang mampu melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.
5.         Guru kurang melakukan variasi metode dalam pembelajaran Agama Kristen.

1.3.  Pembatasan Masalah
Mengingat keterbatasan peneliti baik dari segi kemampuan waktu dan biaya, maka guru membatasi permasalahan yang diteliti. Adapun batasan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah ”Penggunaan Metode  Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menguasai Kompetensi Dasar Musa diutus Tuhan Mata Pelajaran Agama Kristen Siswa Kelas IV SD Negeri  Pollung T.A 2014/2015.

1.4.  Rumusan Masalah
            Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan menggunakan metode Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Agama Kristen pokok bahasan Musa diutus Tuhan di Kelas IV B SD Negeri?
1.5.  Tujuan Penelitian
            Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Team Games Tournament (TGT) pada mata Pelajaran Agama Kristen pokok bahasan Musa diutus Tuhan di Kelas IV B SD Negeri T.A 2014/2015.

1.6.  Manfaat Penelitian
            Adapun manfaat yang ingin dicapai setelah melakukan penelitian adalah:
1.    Mendorong siswa berfikir positif untuk menyenangi Pelajaran Agama Kristen dan menghilangkan pandangan negatif anak terhadap Pelajaran Agama Kristen.
2.    Sebagai bahan pertimbangan kepala sekolah tentang pentingnya penggunaan metode Team Games Tournament (TGT) dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah.
3.         Sebagai masukan bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar sekolah.
4.         Dan sebagai bahan usul kenaikan pangkat satu tingkat.

BAB II
TINJAUAN TEORITIS

2.1.  Kajian Teoritis
2.1.1. Hakikat Hasil Belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar